Riset Kata Kunci

Posted by Unknown Minggu, 22 September 2013 0 komentar
Ada banyak tempat untuk kita mencari ide/topik atau Kata kunci (keyword) bisnis di internet. Dasarnya adalah hasil pencarian orang-orang diseluruh belahan dunia tentang ide/topik yang sama-sama mereka cari. Riset kata kunci menjadi suatu kewajiban yang paling mutlak didalam persiapan membuat website agar website kita dapat terindeks dengan baik oleh mesin pencari di internet:)
Jika target pasar anda orang  Indonesia, berarti yang menjadi rujukan adalah hasil perhitungan  pencarian orang-orang Indonesia di Search Engine Google ( masih ada search engine lain seperti yahoo, MSN, Altavista dll, namun yang paling dicari adalah Google.com).
Sebenarnya hasil riset kata kunci kita nanti menggambarkan seberapa banyak jumlah pencari untuk kata kunci (keyword) tertentu. Mereka yang mencari topik-topik di internet bisa saja hanya mengklik-klik saja link yang mereka temukan di internet, baik link yang ada di google atau link-link yang mereka temukan ditemukan di website orang lain.
Untuk gampangnya anda memahami, saya tunjukkan dengan gambar-gambar hasil riset kata kunci (keyword research) saya sebelum membuat website www.RahasiaWebsitePemula.com .
Ketika saya riset kata kunci "website Pemula" ternyata mempunyai banyak sekali turunan kata kuncinya. Anda bisa lihat hasil riset kata kunci saya melalui gambaran riset sederhana yang saya lakukan dari awal.
Pertama-tama klik link google berikut ini:
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
Perhatikan no.4 diatas!!! No.1 (Edit) berguna untuk men-setting bahas dan negara yang kita kehendaki, dalam hal ini saya pilih Bahasa Indonesia dan  Negara Indonesia. No.2 Kata Kunci (keywords) "website pemula" sebagai ide dasar kata kunci yang menjadi topik yang saya target. No. 3 Masukkan kode huruf pada gambar. No. 4 Tekan tombol “Get Keyword Ideas” untuk melihat hasil pencariannya. Hasil pencarian menunjukkan puluhan kata kunci. Saya ambil sebagian kata kuncinya sebagai pertimbangan kata kunci di website kita nanti.
Perhatikan!!! ternyata kata kunci "website pemula" tidak menghasilkan data pencarian. Artinya mungkin sangat sedikit sekali orang yang mencari kata kunci tersebut sehingga google menampilkan "Not enough data".
Perlu perhatian yang menjadi patokan anda adalah angka dikolom Local search volume yang menggambarkan pencarian dibulan sebelumnya. Sedangkan kolom Global monthly search volume diabaikan saja karena menggambarkan data secara global.
Topik Website Pemula memberikan turunan kata kunci yang sangat banyak, anda bisa lihat yang saya berikan tanda merah diatas:
Kata kunci cara membuat website untuk pemula tidak ada hasil pencarian.
Kata kunci website membuat menghasilkan 49.500 hasil pencarian. Itu berarti bahwa kira-kira ada sekitar 49 ribu orang yang mencari kata kunci "website membuat" di google.com. Sebenarnya kata kunci tersebut belum pernah terpikirkan tetapi hasil riset kata kunci yang saya lakukan memberikan jawabannya. Saya pikir orang yang mengetikkan kata kunci ini adalah seorang pemula yang belum bisa membuat website, jadi ini sangat cocok menjadi target kata kunci website saya.
Kata kunci "website buat" menhasilkan 12.100 hasil pencarian. Ini artinya kira-kira ada sekitar 12 ribu orang mencari kata kunci ini di google.com. Sebenarnya kata kunci tersebut belum pernah terpikirkan tetapi hasil riset kata kunci yang saya lakukan memberikan jawabannya. Saya pikir orang yang mengetikkan kata kunci ini adalah seorang pemula yang belum bisa membuat website, jadi ini sangat cocok menjadi target kata kunci website saya.
Kata kunci "website frontpage" menhasilkan 720 hasil pencarian. Ini artinya kira-kira ada sekitar 700 orang mencari kata kunci ini di google.com. Sebenarnya kata kunci tersebut belum pernah terpikirkan tetapi hasil riset kata kunci yang saya lakukan memberikan jawabannya. Saya pikir orang yang mengetikkan kata kunci ini adalah seorang pemula yang belum bisa membuat website, jadi ini sangat cocok menjadi target kata kunci website saya.
Oh iya...sebagai patokan kita, untuk kata kunci yang kita ambil adalah kata kunci yang jumlah pencariannya 1000 (seribu) orang keatas dalam setiap bulannya (kurang lebih).
Berarti ada 3 kata kunci yang akan kita prospek untuk menjadi bagian dari topik website saya, yaitu: "website membuat", "website buat" dan "website frontpage".
Selanjutnya saya penasaran dengan ingin mengetahui topik dengan kata tunggal "website". Saya ingin tahu berapa banyak pencarinya dan pesaingnya nanti.
Perhatikan...!!! ternyata topik kata tunggal website menghasilkan kata kunci "website" dan turunan kata kunci yang lain.
Kata kunci "website" menghasilkan pencarian yang banyak, yaitu 550.000 pencari. Saya pikir orang yang mengetikkan kata kunci tersebut pasti hanya bukan seorang pemula yangtidak bisa membuat website. Bisa jadi orang yang sudah mahirpun mengetikkan kata kunci ini untuk keperluan bisnis lebih lanjut. Jadi masuk kedalam target topik website saya tapi bukan menjadi kata kunci utama, hanya sebagai kata kunci sampingan saja.
Topik website juga memberikan kata kunci turunan "ebook website". Walaupun ada 1000 orang pencarian tetapi pesaingannya masih sedikit, sekitar 3 juta orang pesaing.
Oke....berarti kita sudah mendapatkan 2 kata kunci lagi untuk topik website saya yaitu "website" dan "ebook website". Maka total sementara kata kunci (keywords) yang sudah kita miliki ada 5 buah kata kunci yaitu "website membuat","website buat","website frontpage","website" dan "ebook website". Semakin banyak kata kunci akan semakin bagus untuk website kita nanti.
"Mengenai jumlah pesaing, anda bisa berpatokan dibawah 10 juta pesaing, akan lebih baik dibawah 5 juta pesaing atau memang ternyata jika topik yang anda inginkan untuk membuat website mempunyai kata kunci yang ternyata memang benar-benar tinggi, maka carilah kata kunci yang paling sedikit jumlah pesaingnya untuk dijadikan sebagai kata kunci utama website anda."
Jika saya sebut pesaing itu berarti jumlah halaman website yang sudah ter-indeks oleh  google. jumlah tersebut biasanya muncul pada pencarian di Google.com sebelah kanan atas ketika orang mencari kata kunci tertentu.
Lihat contoh-contoh pesaing dengan kata kunci yang telah kita dapatkan dari hasil riset kata kunci (keyword research) tadi:
Kata kunci "website membuat" dengan pesaing 83,5 juta halaman.
Kata kunci "website buat" dengan jumlah jumlah pesaing 33,3 juta halaman.
Kata kunci "website frontpage" dengan jumlah pesaing 82 juta halaman.
Kata kunci "website" dengan jumlah pesaing 3,9 milyar halaman
Kata kunci "ebook website" dengan jumlah pesaing 289 juta halaman.
Demikianlah penjelasan dasar tentang riset kata kunci (keyword search) yang menghasilkan beberapa kata kunci yang tertarget untuk "membuat website". Kata kunci tersebut juga bisa kita pakai untuk mengetahui seberapa banyak jumlah pesaing kita di internet nanti.
Terima kasih sudah singgah di blog ini dan semoga bermanfaat bagi sobat bloggers semua.
Salam Senyum Sukses [3S]
a
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Riset Kata Kunci
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://triko11.blogspot.com/2013/09/riset-kata-kunci.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Aneka Info dan Peristiwa

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of TRIKO.